Sunday, February 19, 2012

SEJARAH SISTEM TABEL PERIODIK UNSUR

       Pada abad ke 19 para ahli kimia berusaha menggolongkan unsur-unsur di bumi yang telah ditemukan. Mereka menggolongkan unsur tersebut berdasarkan sifat fisik dan kimia. Hasil penggolongan tersebut disebut Sistem Periodik Unsur Modern.

       Pada tahun 1829, Johan Dobereiner mengklasifikasikan yang dalam satu kelompok terdiri dari tiga unsur yang memilik kesamaan sifat fisik dan kimiawi. Dia menyebutnya Triade. Model ini digunakan dari tahun 1780 hingga tahun 1849.


       Pada tahun 1863, John Newlands menyatakan bahwa jika unsur disusun berdasarkan urutan nomor massa, maka sifat unsur akan berulang tiap 8 unsur sesuai hukum oktaf.



     Namun pernyataan John Newlands ini memiliki kelemahan sehingga tidak diterima secara umum. Ini disebabkan karena hukum oktaf ternyata tidak berlaku untuk unsur golongan calsium.


     Pada Tahun 1869, Dmitri Mandeleev mempublikasikan tabel unsur yang disusun berdasarkan kenaikan massa atom. Tabel ini dibuat oleh dia bersama temannya yang bernama Lothar Meyer. Namun pada akhirnya Dmitri Mandeleev  yang akan disebut Bapak Sistem Periodik Modern.


     Pada tahun 1913, Henry Moseley menemukan nomor atom unsur. Kemudian dia menyusun semua unsur berdasarkan kenaikan nomor atom.


     Pada tahun 1944, Glenn T Seaborg menemukan 10 unsur baru yang nantinya pada tabel periodik akan disebut deret achtinida. Atas jasanya ini namanya digunakan sebagai nama salah satu unsur


No comments:

Post a Comment